Tumbangnya G12 di tangan iPhone

Kampret lah teknologi kamera ponsel saat ini. Saya tidak pernah menyangka sebuah kamera ponsel dengan sensor mini dan lensa seukuran upil bisa mengalahkan kamera beneran yang sensornya lebih besar, punya lensa dengan optik yang (harusnya) lebih bagus, dan gak punya kemampuan sampingan kecuali motret. Tugasnya cuma motret. Dan kalah.

Waktu ke Merapi beberapa hari yang lalu, saya membawa kamera Canon G12 saya yang lebih banyak digunakan untuk motret underwater. Waktu itu saya ingin menguji kualitasnya ketika dipakai untuk jalan-jalan di darat, karena nenteng DSLR sudah terlalu repot rasanya. Jalan-jalan tanpa DSLR sangat menyenangkan karena pake kamera kecil itu lebih praktis dan gak perlu motret sambil sembunyi di balik viewfinder.

Setelah memindahkan hasil foto Merapi dari G12 dan iPhone ke laptop, saya dan warga Rawamangun terkejut. Foto-foto dari iPhone ternyata mengalahkan foto-foto dari G12 dalam berbagai sisi: ketajaman, dynamic range, bahkan kedalaman warna! Ini sungguh sangat tidak masuk akal kisanak.

Perhatikan perbandingannya dibawah ini dengan objek foto yang sama. iPhone disetting pada mode auto (macam ada pilihan lain aja), sedangkan G12 disetting pada mode Av (Apperture Value) dengan bukaan f/8.0, ISO 100, speed 1/400. Dua-duanya handheld, tanpa tripod. Kedua foto langsung dari kamera, no edit, resize only. Hak cuih! Kenapa sih orang-orang pada bangga kalo fotonya diupload tanpa diedit? Gak bisa ngedit kok bangga.

Canon G12

Canon G12

iPhone 5

iPhone 5

Tuh, ketahuan kan yang mana yang menang?

Keliatan gak bedanya?

Nggak ya?

Tumben.

  1. ini bang Regy nyambi jadi buzzer yah? LOL

    Like

    Reply

    1. sebenarnya sih buzzer merapi :p

      Like

      Reply

  2. kok saya lebih suka hasil foto G12 ya..

    Like

    Reply

    1. itu karena yang motret jago ahaahahahhaa…
      gak deng :p
      kalo di-zoom, detail dari kamera iPhone lebih bagus

      Like

      Reply

      1. *jadi bimbang mau beli G12 or iPhone, hahaha*

        Like

  3. Ng.. Nggak bisa lihat bedanya, kak.. :’)

    Like

    Reply

    1. lihatnya pake mata hati kak, kalo masih belum kliatan, coba dilihat dari sela kaki, hiiiiii

      Like

      Reply

  4. Kalau mau yg praktis dan ringan kayaknya mending bawa ipun tapi kalau mau motret macam-macam misalnya low light ya tetap menang DSLR dong.

    Like

    Reply

    1. yap, tapi gak lama lagi kemampuan dslr bakal dilewati kamera2 mirrorless :D

      Like

      Reply

  5. Swastika Nohara June 3, 2014 at 1:35 am

    Mungkin framingnya harus sama persis biar terlihat nyata bedanya? hehehe..salam kenal bung Regy. Buat saya sih agak ribet kalo jalan2, apalagi ke daerah terpencil, harus bawa camera DSLR lagi, batere, charger, memory cards, lensa dll. Camera smartphone adalah solusinya.

    Like

    Reply

    1. Iya ini perlu sama persis framingnya hehehe..
      Setuju, saya skrg gak pernah bawa DSLR lg kalo jalan, cukup kamera kecil 35 mm fixed lens udah lebih dr cukup :D
      Salam kenal juga mbak swa

      Like

      Reply

  6. Satu-satunya alasan kenapa G12 saya gak saya lepas-lepas adalah cuma untuk keperluan underwater aja, udah terlanjur beli casing segala macam. Kalau soal di daratan sih, iya benar, sama iPhone 5 aja kalah. *syedih*

    Like

    Reply

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.